Transformasi Media Pembelajaran Konvensional Pengenalan Alat Laboratorium Kimia menjadi Chem-Leb berbasis Augmented Reality Android

Muhammad Gufron, Muninggar Vika Suryani, Zulfa Nurfitriana

Abstract


perkembangan ilmu pengetahuan melalui berbagai penelitian atau percobaan di laboratorium sudah begitu pesat. Augmented Reality atau sering disingkat AR adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual ke dalam lingkungan nyata secara real time. Dalam peralatan laboratorium pengenalan objek menggunakan AR (Augmented Reality) pengenalan peralatan laboratorium menjadi lebih bervariasi. AR (Augmented Reality) mampu menerapkan dunia virtual ke dunia nyata secara real time, dapat mengubah objek-objek ini menjadi objek 3D. Objek yang secara visual sangat membantu dalam menciptakan objek 3D saat memanfaatkan media seluler. Dalam proses pembuatan aplikasi ini, menggunakan metode SDLC (Softwere Development Life Cycle).
Hasil dari objek penelitian untuk mengaplikasikan alat-alat laboratorium komputer 2D ke dunia nyata dan dapat mengubah peralatan laboratorium objek menjadi objek 3D.

Kata kunci: Augmented Reality, Peralatan Laboratorium, objek 3D

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.