Peningkatan Mutu Pembelajaran Fisika Melalui Diseminasi Material Medis Pada Guru Sekolah Menengah Atas ; Studi Kasus di Kabupaten Gresik

Siswanto Siswanto, Dyah Hikmawati, Djony Izak Rudyardjo, Aminatun Aminatun, Prihartini Widiyanti

Abstract


Sebagian besar siswa SMA menganggap bahwa fisika merupakan pelajaran yang sulit dan bersifat
abstrak. Persepsi ini menyebabkan ketertarikan siswa terhadap fisika sangat rendah. Hal ini tampak
pada rendahnya rasio mahasiswa baru yang masuk  program Studi Fisika hampir di seluruh
Perguruan Tinggi . Siswa tidak memiliki pengetahuan tentang prospek fisikawan karena sebagian
besar pelajaran fisika kurang aplikatif. Salah satu solusi bagi persoalan tersebut dapat dilakukan
dengan memberikan diseminasi tentang kontribusi fisika dalam pengembangan rekayasa material
medis. Biomaterial ini memiliki prospek ekonomi yang baik karena permintaan pasar yang tinggi.
Namun, pengetahuan guru terhadap topik ini masih rendah. Oleh sebab itu diseminasi pengetahuan
tentang material medis menjadi urgen bagi guru-guru  agar  fisika menjadi lebih real dan  menarik
bagi siswa. Kegiatan diseminasi ini dilakukan terhadap 20 guru dan 20 siswa SMA NU di kabupaten
Gresik. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi. Hasilnya menunjukkan bahwa
hampir semua guru ( 98 %) dan siswa belum mengetahui bahwa fisika memiliki peran yang penting
dalam rekayasa material medis.Ketertarikan ini juga tampak pada saran dari semua peserta agar
melakukan kegiatan seperti ini secara rutin dan melembaga
Kata Kunci : fisika ,  rekayasa material, diseminasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.