Penerapan Differentiated Instruction dalam Pengembangan Media Pembelajaran Kalkulus 1 Berbasis Mobile

Triana Harmini, Dihin Muriyatmoko, Nabiila Fatimatuz Zahra, Siti Suprihatiningsih, Aziz Musthafa

Abstract


Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus 1 pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor menggunakan modul pembelajaran berbasis Differentiated Instruction (DI). Pada pembelajaran
DI mahasiswa bisa mendapatkan capaian pembelajaran yang sama, namun disesuaikan dengan kemampuan dasarnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran mata kuliah Kalkulus 1 berbasis mobile yang menerapkan metode pembelajaran DI. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Waterfall meliputi requirement, design, implementation, testing dan maintenance. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari pengujian black box, uji
fungsionalitas software, uji media, uji materi dan uji terhadap pengguna. Hasil pengujian black box dan fungsionalitas software mampu berjalan dengan baik dan dinyatakan berhasil, sedangkan untuk pengujian materi setelah di hitung dengan skala likert mendapatkan hasil 76% dan mendapatkan nilai baik, pengujian media pembelajaran mendapatkan hasil 95,7% dan mendapatkan nilai sangat baik. Untuk pengujian pada pengguna telah diujikan 91,5% dan mendapatkan nilai sangat baik. Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa pengujian dari aplikasi ini sangat baik dan bisa diterapkan sebagai media pembelajaran penunjang pada mata kuliah kalkulus 1.
Kata Kunci : Differentiated Instruction, Android Mobile, Media Pembelajaran

Keywords


Differentiated Instruction, Android Mobile, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.