Market Basket Analysis Pada Toko Bangunan Marzan Jaya Dengan Algoritma Apriori

Triana Harmini, Aziz Musthafa, Mochamad Naufal

Abstract


Saat melakukan analisis penjualan, seseorang dapat melakukannya dari beberapa sudut, salah satunya adalah menganalisis barang-barang yang sering muncul dan di beli bersamaan oleh pelanggannya, Penggunaan teknik data mining merupakan salah satu cara untuk menanganinya. Peletakan barang yang kurang efisien menjadi permasalahan yang terdapat dari penelitian ini. hasil transaksi penjualan menghasilkan banyak sekali data-data penjualan yang dapat dimanfaatkan untuk analisis penjualan barang dengan menggunakan metode Market Basket Analysis. Hasil dari penerapan metode Market Basket analysis dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam menyusun katalog produk atau penempatan barang karena setiap barang memiliki sifat yang saling berkaitan dan membentuk aturan asosiasi tertentu. Dalam penelitian ini algoritma yang digunakan adalah algoritma apriori. Setiap golongan barang akan memiliki nilai pendukung dan nilai kepastian.  Hasil dari penerapan aturan asosiasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif. Penerapan Algoritma Apriori pada teknik Data Mining sangat efisien dan dapat mempercepat proses pembentukan kecenderungan pola kombinasi itemset, hasil penjualan Produkproduk barang di Toko Bangunan Marzan Jaya Balikpapan dengan support dan confidence tertinggi adalah barang dengan golongan Baut dengan Toko Bilal dengan nilai support 0,36 dan nilai confidence 0.48 dengan lift rasio 1.33, yang menunjukan bahwa pembeli cenderung membeli barang dalam golongan Toko Bilal jika membeli barang dengan golongan Baut.
Kata Kunci : data penjualan, algoritma apriori,  penempatan barang

Keywords


data penjualan, algoritma apriori, penempatan barang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.