Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Rambu Rambu Lalu Lintas Berbahasa Arab

Mohammad Rozi Syifa’uddin, Dihin Muriyatmoko, Jumhurul Umami, Ahmad Kali Akbar

Abstract


Saat ini penggunaan teknologi telah banyak dikembangkan sebagai media pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Arab dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Pembuatan aplikasi ini menggunakan Langkah-langkah waterfall, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Konten diambil dari buku Kamus Bergambar Tiga Bahasa Rambu-Rambu lalu lintas karya Moh.Zulfikar. Media ini berbasis Android dan dibuat menggunakan tools seperti Blender 3D, Unity 3D, dan Corel Draw. Aplikasi ini dapat berjalan pada Smartphone berspesifikasi minimal android versi OS 4.4 KitKat dengan RAM 2GB keatas dan penyebaran kuisioner dengan nilai rata-rata dari seorang ahli materi pembelajaran bahasa Arab memberikan nilai 100%, seorang ahli media pembelajaran 96%, .Hasil kuisioner oleh responden menunjukkan kesesuaian media dengan pengguna untuk anak anak tingkat pemula, akan tetapi aplikasi ini hanya bersifat membantu dan tidak bisa menggantikan peran guru dan interaksi antar guru dengan murid yang sesungguhnya. Hasil Pengujian Aplikasi ini menggunakan metode Black Box menunjukkan hasil aplikasi ini berjalan dengan baik. Penelitian dengan teknologi AR ini diharapkan dapat memperkaya media pembelajaran Bahasa arab dan dapat bermanfaat untuk pengembangan media pembelajaran Bahasa arab di lingkungan sekolah dasar, pesantren maupun masyarakat umum. Untuk pengembangan kedepan bisa memanfaatkan teknologi lain yaitu Virtual Reality dan lain sebagainya.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality, Bahasa Arab, Android.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.