Karakterisasi Komposit Nonwoven Polypropylene-Acrylic- Karbon Aktif Dari Arang Batok Kelapa Untuk Aplikasi Filter Kabin Mobil

Eko Prasetyo Jatmiko Aji, Dini Cahyandari, Muhammad Agam, Candra Febriawan, Ahmad Masrukan, Heru Prasetyo

Abstract


Nonwoven digunakan terutama sebagai interlining untuk pakaian, namun
dengan perkembangan bahan baru dan dengan kemajuan pesat dalam teknologi pengolahan, aplikasi nonwoven telah sangat merambah ke berbagai bidang industri: seperti, sepatu, tas, filter, furnitur, dll. Resin acrylic adalah turunan etilen yang mengandung gugus vinil dalam rumus strukturnya. Resin acrylic menjadi pilihan untuk pembuatan filter kabin karena harganya relatif murah, mudah direparasi dan proses pembuatan mudah. Karbon aktif berbahan arang tempurung kelapa dinyatakan dengan ukuran partikel arang atau luas permukaan partikel, struktur pori dan rapat massanya. sebagai bahan penyerap. Uji tarik atau dengan universal testing standar. Teori menyatakan bahwa suatu bahan berkelakuan secara elastis dan memperlihatkan suatu hubungan liniear antara tegangan regangan yang disebut elastis secara linier. Penguji bendtsen l&w se 164 menggunakan metode bendtsen untuk mengukur kekasaran sampel.
sandaran kepala pengukur pada benda uji dan tekanan kontak standar (98 Kpa) diterapkan oleh berat kepala. tekanan udara uji tester diatur ke 1,47 kpa dan tekanan. Dengan ditambahkannya komposit karbon aktif menyebabkan hasil dari kekuatan tarik maksimum filter kabin menurun jika dibandingkan dengan filter kabin murni, Dengan ditambahkannya komposit karbon aktif menyebabkan hasil dari air flow filter kabin menurun jika dibandingkan dengan filter kabin murni.
 
Kata Kunci : Nonwoven, Resin Acrylic, Karbon Aktif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.