Analisis Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Dengan Dimoderasi Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Retail Secara Online Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peningkatan pengguna internet dari tahun ke tahun di Indonesia dan peningkatan jumlah belanja online pada pembelian produk makanan dimasa pandemi Covid-19. Dalam memahami kebutuhan konsumen dimasa pandemi Covid-19, penting
bagi perusahaan untuk mempelajari perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari indikator Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian dengan Faktor Psikologis sebagai variabel moderasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang pernah melakukan belanja online dimasa pandemi Covid-19, dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling, dengan teknik Sampling Insidental dan teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan kuesioner online. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial: (1) Faktor Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. <0,001 yang artinya hipotesis diterima, (2) Faktor Pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,021 yang artinya hipotesis diterima, (3) Faktor Psikologis
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. <0,001 yang artinya hipotesis diterima (4) Faktor Psikologis tidak dapat memoderasi pengaruh Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai sig. 0,648 yang artinya hipotesis ditolak, dan (5) Faktor Psikologis tiadak dapat memoderasi pengaruh Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai sig. 0,708 yang artinya hipotesis ditolak. Nilai koefisiean determinasi menghasilkan nilai R2 0,562.
Kata Kunci: Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian
bagi perusahaan untuk mempelajari perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari indikator Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian dengan Faktor Psikologis sebagai variabel moderasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang pernah melakukan belanja online dimasa pandemi Covid-19, dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling, dengan teknik Sampling Insidental dan teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan kuesioner online. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial: (1) Faktor Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. <0,001 yang artinya hipotesis diterima, (2) Faktor Pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,021 yang artinya hipotesis diterima, (3) Faktor Psikologis
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. <0,001 yang artinya hipotesis diterima (4) Faktor Psikologis tidak dapat memoderasi pengaruh Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai sig. 0,648 yang artinya hipotesis ditolak, dan (5) Faktor Psikologis tiadak dapat memoderasi pengaruh Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai sig. 0,708 yang artinya hipotesis ditolak. Nilai koefisiean determinasi menghasilkan nilai R2 0,562.
Kata Kunci: Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.