Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Iklan, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Daya Tarik Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 126 responden pada pelanggan MS Glow kota Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan MS Glow kota Semarang dengan menggunakan link google form yang disebarkan melalui aplikasi WhatsApp. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling yaitu peneliti memilih sampel purposive secara subjektif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan melihat nilai statistik t, statistik F, dan koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Brand Image berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung -2,290 < ttabel 1,97960
dengan tingkat signifikansi sebesar 0,024. Variabel Daya Tarik Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung 4,840 > ttabel 1,97960 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Variabel Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung 2,592 > ttabel 1,97960 dengan tingkat signifikan sebesar 0,011. Secara simultan atau bersama-sama Variabel Brand Image, Daya Tarik Iklan, dan Celebrity Endorser
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai Fhitung 16,823 > Ftabel 2,68 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dan koefisien determinasi (Adjusted R2) diperoleh nilai sebesar 0,275. Hal ini berarti 27,5% Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yaitu Brand Image, Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser. Sedangkan sisanya sebesar 72,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak ada pada penelitian ini.
Kata Kunci : Brand, Iklan, Celebrity Endorser, Pembelian
sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling yaitu peneliti memilih sampel purposive secara subjektif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan melihat nilai statistik t, statistik F, dan koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Brand Image berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung -2,290 < ttabel 1,97960
dengan tingkat signifikansi sebesar 0,024. Variabel Daya Tarik Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung 4,840 > ttabel 1,97960 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Variabel Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung 2,592 > ttabel 1,97960 dengan tingkat signifikan sebesar 0,011. Secara simultan atau bersama-sama Variabel Brand Image, Daya Tarik Iklan, dan Celebrity Endorser
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai Fhitung 16,823 > Ftabel 2,68 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dan koefisien determinasi (Adjusted R2) diperoleh nilai sebesar 0,275. Hal ini berarti 27,5% Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yaitu Brand Image, Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser. Sedangkan sisanya sebesar 72,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak ada pada penelitian ini.
Kata Kunci : Brand, Iklan, Celebrity Endorser, Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.