Pendampingan Dan Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Madrasah Tsanawiah Negeri Gowa
Abstract
Menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan mudah dipahami akan membantusiswa dalam memahami materi pelajaran. Permasalahan utama yang dihadapi Mitra adalah Masih rendahnya Kemampuan guru dalam memvariasikan atau kurang kreatif dalam metode
pembuatan bahan ajar, sehingga materi yang diberikan terkesan monoton. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab peserta didik bosan belajar dan dapat menurunkan nilai hasil belajar mereka, t erbatasnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran kreatif
berbasis multimedia untuk mendukung proses pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan dan membuat bahan ajar berbasis multimedia dengan menggunkan aplikasi Camtasia dan Flip book bagi guru pada MTsN. 1 Gowa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pelatihan, dengan metode ceramah, diskusi dan praktek serta
pendampingan pembuatan bahan ajar. Dengan terlaksananya PKM ini ada perubahan tingkat pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi multimedia. Materi yang disampaikan selama kegiatan PKM juga mendapatkan respon yang positif bahkan peserta
kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini perlu dilanjutkan dimasa pendatang agar mitra PKM semakin memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menggunakan aplikasi multimedia dalam pembuatan bahan ajar.
Kata Kunci : Pelatihan, Multimedia, Bahan Ajar
pembuatan bahan ajar, sehingga materi yang diberikan terkesan monoton. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab peserta didik bosan belajar dan dapat menurunkan nilai hasil belajar mereka, t erbatasnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran kreatif
berbasis multimedia untuk mendukung proses pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan dan membuat bahan ajar berbasis multimedia dengan menggunkan aplikasi Camtasia dan Flip book bagi guru pada MTsN. 1 Gowa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pelatihan, dengan metode ceramah, diskusi dan praktek serta
pendampingan pembuatan bahan ajar. Dengan terlaksananya PKM ini ada perubahan tingkat pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi multimedia. Materi yang disampaikan selama kegiatan PKM juga mendapatkan respon yang positif bahkan peserta
kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini perlu dilanjutkan dimasa pendatang agar mitra PKM semakin memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menggunakan aplikasi multimedia dalam pembuatan bahan ajar.
Kata Kunci : Pelatihan, Multimedia, Bahan Ajar
Keywords
Pelatihan, Multimedia, Bahan Ajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.