PERAN PERAWAT DALAM PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING MELALUI PENDEKATAN TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP: LITERATUR REVIEW

Eni Nuryani, Agus Santoso

Abstract


Pendahuluan:Transformasional Leadershipdicirikan sebagai pemimpin yang berfokus pada pencapaian perubahan nilai – nilai, kepercayaan, sikap, perilaku, emosional, dan kebutuhan bawahan menuju perubahan yang lebih baik di masa depan.Peran perawat dan komitmen rumah sakit sangat berpengaruh besar terhadap pelaksanaandischarge planning bagi
pasien.Discharge planningdianggap sebagai proses, bukan satu peristiwa. Proses ini dimulai saat masuk dan tidak berakhir sampai pasien ditempatkan ke tingkat perawatan berikutnya.  
Tujuan: Memberikan gambaran terhadap peran perawat dalam pelaksanaan discharge planning melalui pendekatan transformational leadership.
Metode : Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi leteratur review melalui pencarian sumber di perpustakaan dan mesin pencari google scholar dengan kata kunci pencarian transformational leadership,peran perawat, discharge planning.
Hasil dan Pembahasan : Upaya yang dapat dilakukan dari seorang  Transformasional Leadershipuntuk meningkatkan peran perawat dalam pelaksanaan discharge planning  adalah dengan memberikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan mengenai pelaksanaan
discharge planning, memberikan motivasi, memberikan reward dan bimbingan, menyediakan fasilitas sarana yang mendukung untuk pelaksanaan discharge planning.
Kesimpulan : Kebijakan dari pimpinan terkait upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran perawat dalam pelaksanaan discharge planning perlu menjadiperhatian dan pertimbangan agar discharge planning dapat dilaksanakan sesuai standar.


Keywords


Kata Kunci : Peran Perawat, Discharge Planning, Transformational Leadership.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.