Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstract
Pemerintah berupaya memulihkan kondisi pendidikan di Indonesia pada masa pandemi Covid-19
dengan transformasi pendidikan melalui konsep pradigma baru pembelajaran dalam Kurikulum
Merdeka. Namun, implementasinya tidak serta merta berjalan dengan baik, sosialisasi terkait
kurikulum ini nampaknya masih belum merata. Hal ini menyababkan permasalahan bagi sekolah,
misalnya di SMA Negeri 1 Tirawuta. Permasalahan tersebut seperti kurangnya pemahaman dan
rendahnya rasa ingin tahu guru bahkan cenderung skeptis terhadap Kurikulum Merdeka. Kondisi
tersebut berdampak pada rendahnya kompetensi guru dalam merancang modul sesuai Kurikulum
Merdeka. Permasalahan lain yakni adaptasi proses pembelajaran berbasis Online, sehingga bahan
ajar seperti modul sangat efisien disusun menggunakan teknologi yang berbasis Online pula,
sedangkan faktanya masih banyak guru yang terkendala akan hal ini. Adapun tujuan desiminasi
penelitian ini secara spesifik adalah untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru
menyusun modul sesuai dengan kurikulum merdeka. Maka, solusi yang ditawarkan yaitu dengan
melakukan penelitian yang didesiminasikan melalui pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam
menyusun Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menggunakan Flip PDF
Profesional. Bentuk kegiatannya adalah pelatihan terbimbing, pelatihan mandiri, dan
pendampingan intensif secara berkelompok yang kemudian diukur ketercapaiannya
menggunakan angket pemahaman akhir dan refleksi guru. Hasil pendampingan yakni 70% guru
memahami komponen modul P5 dan mampu menyusun dengan memanfaatkan Flip PDF
Profesional..
Kata Kunci : Flip PDF Profesional, Modul P5, Kurikulum Merdeka.
dengan transformasi pendidikan melalui konsep pradigma baru pembelajaran dalam Kurikulum
Merdeka. Namun, implementasinya tidak serta merta berjalan dengan baik, sosialisasi terkait
kurikulum ini nampaknya masih belum merata. Hal ini menyababkan permasalahan bagi sekolah,
misalnya di SMA Negeri 1 Tirawuta. Permasalahan tersebut seperti kurangnya pemahaman dan
rendahnya rasa ingin tahu guru bahkan cenderung skeptis terhadap Kurikulum Merdeka. Kondisi
tersebut berdampak pada rendahnya kompetensi guru dalam merancang modul sesuai Kurikulum
Merdeka. Permasalahan lain yakni adaptasi proses pembelajaran berbasis Online, sehingga bahan
ajar seperti modul sangat efisien disusun menggunakan teknologi yang berbasis Online pula,
sedangkan faktanya masih banyak guru yang terkendala akan hal ini. Adapun tujuan desiminasi
penelitian ini secara spesifik adalah untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru
menyusun modul sesuai dengan kurikulum merdeka. Maka, solusi yang ditawarkan yaitu dengan
melakukan penelitian yang didesiminasikan melalui pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam
menyusun Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menggunakan Flip PDF
Profesional. Bentuk kegiatannya adalah pelatihan terbimbing, pelatihan mandiri, dan
pendampingan intensif secara berkelompok yang kemudian diukur ketercapaiannya
menggunakan angket pemahaman akhir dan refleksi guru. Hasil pendampingan yakni 70% guru
memahami komponen modul P5 dan mampu menyusun dengan memanfaatkan Flip PDF
Profesional..
Kata Kunci : Flip PDF Profesional, Modul P5, Kurikulum Merdeka.
Keywords
Flip PDF Profesional, Modul P5, Kurikulum Merdeka.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.