Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

I Gede Purwana Edi Saputra, Luh Sukariasih, Nur Fajriah Muchlis

Abstract


Pemerintah   berupaya memulihkan  kondisi pendidikan di Indonesia pada masa pandemi Covid-19
dengan transformasi pendidikan melalui konsep pradigma baru pembelajaran dalam Kurikulum
Merdeka. Namun, implementasinya tidak serta merta berjalan dengan baik, sosialisasi terkait
kurikulum ini nampaknya masih belum merata. Hal ini  menyababkan permasalahan bagi sekolah,
misalnya di SMA Negeri 1 Tirawuta. Permasalahan tersebut  seperti  kurangnya  pemahaman  dan
rendahnya  rasa ingin tahu guru bahkan  cenderung skeptis terhadap  Kurikulum  Merdeka. Kondisi
tersebut berdampak pada rendahnya kompetensi guru dalam merancang modul sesuai Kurikulum
Merdeka. Permasalahan  lain yakni  adaptasi  proses pembelajaran berbasis Online, sehingga bahan
ajar seperti modul sangat efisien disusun menggunakan  teknologi yang berbasis Online pula,
sedangkan  faktanya masih banyak guru yang terkendala akan hal ini. Adapun tujuan desiminasi
penelitian ini secara spesifik adalah untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru
menyusun modul sesuai dengan kurikulum merdeka. Maka, solusi yang ditawarkan yaitu dengan
melakukan penelitian yang didesiminasikan melalui pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam
menyusun Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menggunakan Flip PDF
Profesional. Bentuk  kegiatannya  adalah  pelatihan  terbimbing,  pelatihan  mandiri, dan
pendampingan  intensif  secara  berkelompok yang kemudian diukur ketercapaiannya
menggunakan angket pemahaman akhir dan refleksi guru. Hasil pendampingan yakni 70% guru
memahami komponen modul P5 dan mampu menyusun dengan memanfaatkan Flip PDF
Profesional..
Kata Kunci : Flip PDF Profesional, Modul P5, Kurikulum Merdeka.



Keywords


Flip PDF Profesional, Modul P5, Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.