Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan 5.0 Dalam Meningkatkan Pubilkasi Ilmiah Guru Mts Taqwal Ilah

Abdul Aziz, Iswahyudi Joko Suprayitno

Abstract


Metodologi penelitian pendidikan 5.0 salah satu unsur utama angka kredit untuk pengembangan karir
seorang guru seperti yang tertuang dalam Permen PAN dan RB nomor 16 tahun 2009. Indikator yang
terdapat pada Permen tersebut yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Selanjutnya,
Permendiknas nomor 35 tahun 2010 bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru, seorang guru
diwajibkan untuk mengikuti diklat/workshop/pelatihan, menyusun karya ilmiah sesuai dengan
kepangkatannya dan menciptakan teknologi tepat guna. Terdapat sebagian guru yang belum berupaya
untuk mengembangkan profesinya, bahkan belum mengetahui metodologi penelitian pendidikan 5.0.
Indikator ketercapaian tujuan pengabdian adalah bahwa guru-guru sudah memahami metodologi
penelitian pendidikan 5.0, arti penting program metodologi penelitian pendidikan 5.0, dan bagaimana
melaksanakan program tersebut.Target dan luaran dari program ini diantaranya, meningkatnya indeks
motivasi guru dalam program metodologi penelitian pendidikan 5.0 dalam melakukan penelitian tindakan
kelas hingga berbentuk pelaporan hasil, meningkatnya kemampuanpenggunaan komputer dalam evaluasi
pembelajaran dan penelitian tindakan kelas serta terdaftarnya website dan akun media sosial resmi
sekolah mitra.
Kata kunci: metodologi penelitian pendidikan 5.0, penelitian tindakan kelas



Keywords


metodologi penelitian pendidikan 5.0, penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.