Pemanfaatan Kanal Layanan Digital dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Program Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program jaminan sosial yang bersifat wajib dan diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam implementasi program JKN, BPJS Kesehatan selaku badan penyelenggara program JKN terus berupaya untuk meningkatkan
pelayanannya agar lebih mudah diakses oleh masyarakat. Upaya yang dilakukan adalah dengan memperbanyak kanal layanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh peserta seperti Pandawa Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp, Chika (Chat Assitant JKN) serta aplikasi Mobile JKN.
Aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemudahan bagi peserta khususnya pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan indepth interview dengan 7 orang informan yang merupakan peserta JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan kenal layanan digital dalam program Jaminan Kesehatan Nasional di Masa Pandemi Covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanal layanan tersebut dapat dimanfaatkan dengan mudah dan memberikan kemudahan dalam melakukan perubahan data maupun mengakses
pelayanan kesehatan.
Kata Kunci : Jaminan Kesehatan Nasional, Pandawa, Chika, Mobile JKN
pelayanannya agar lebih mudah diakses oleh masyarakat. Upaya yang dilakukan adalah dengan memperbanyak kanal layanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh peserta seperti Pandawa Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp, Chika (Chat Assitant JKN) serta aplikasi Mobile JKN.
Aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemudahan bagi peserta khususnya pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan indepth interview dengan 7 orang informan yang merupakan peserta JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan kenal layanan digital dalam program Jaminan Kesehatan Nasional di Masa Pandemi Covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanal layanan tersebut dapat dimanfaatkan dengan mudah dan memberikan kemudahan dalam melakukan perubahan data maupun mengakses
pelayanan kesehatan.
Kata Kunci : Jaminan Kesehatan Nasional, Pandawa, Chika, Mobile JKN
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.