Studi Analisis Angka Kuman Usap Lantai dan Dinding di Bangsal Flamboyan RSUD Dr. Moewardi

Anas Tasya Sekartaji, Emi Erawati

Abstract


Infeksi nosokomial merupakan salah satu masalah utama yang ada di setiap rumah sakit. setiap tempat yang berada di lingkungan rumah sakit selalu terkena kontak baik secara langsung maupun tidak langsung dengan perantara pasien ataupun dari petugas rumah sakit. Lantai, dinding dan udara di lingkungan rumah sakit beresiko tinggi terhadap adanya infeksi nosokomial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan angka kuman lantai dan angka kuman dinding di Bangsal Flamboyan RSUD Dr. Moewardi dan mengetahui pengaruh lingkungan fisik berupa suhu dan
kelembaban ruang terhadap angka kuman lantai dan kuman dinding di Bangsal Flamboyan RSUD Dr. Moewardi. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan termasuk penelitian deskriptif dengan uji laboratorium yaitu penelitian dengan menggunakan data hasil pemeriksaan angka kuman lantai dan angka kuman dinding di Laboratorium Sanitasi RSUD Dr. Moewardi. Metode yang digunakan yaitu analisis univariat dan uji rank spearman untuk mengetahui distribusi frekuensi dan hubungan dari masing-masing variabel. Suhu dan kelembaban di Bangsal Flamboyan belum memenuhi syarat.
Rata – rata suhu sebesar 23,8˚C (standar 22-23˚C) dan rata – rata kelembaban sebesar 63,8% (standar 40-60%). Suhu tidak berpengaruh signifikan terhadap angka kuman lantai dengan nilai sig. 0,743 dan R korelasi 0,060. Kelembaban tidak berpengaruh signifikan terhadap angka kuman lantai dengan nilai sig. 0,758 dan R korelasi 0,057. Suhu tidak berpengaruh signifikan terhadap angka kuman dinding dengan nilai sig. 0,138 dan R korelasi 0,268. Kelembaban tidak berpengaruh signifikan terhadap angka kuman dinding dengan nilai sig. 0,743 dan R korelasi 0,060.
Kata Kunci: angka kuman dinding, angka kuman lantai, lingkungan fisik, kelembaban, rumah sakit.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.