Pengaruh Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi (2019 – 2021)
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari hasi riset ini untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, ukuran perusahaan,
dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur
sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021 sebanyak 91
perusahaan. Menggunakan teknik sampel purposive sampling sehingga sampel yang didapat ialah 99, tetapi
terdapat data yang di outlier sehingga sampel menjadi 80 perusahaan. Metode analisis ini adalah Moderated
Analysis Regression (MRA) dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasilnya menunjukan bahwa kebijakan
dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh negative terhadap nilai
perusahaan, struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility
memperlemah pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility
memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, dan corporate social responsibility
memperlemah pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Corporate Social
Responsibility
dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur
sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021 sebanyak 91
perusahaan. Menggunakan teknik sampel purposive sampling sehingga sampel yang didapat ialah 99, tetapi
terdapat data yang di outlier sehingga sampel menjadi 80 perusahaan. Metode analisis ini adalah Moderated
Analysis Regression (MRA) dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasilnya menunjukan bahwa kebijakan
dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh negative terhadap nilai
perusahaan, struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility
memperlemah pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility
memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, dan corporate social responsibility
memperlemah pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Corporate Social
Responsibility
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.