Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Manage Engine Service Desk Plus Di PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Syla Angra Azhara, Rusmala Santi

Abstract


Kemajuan teknologi informasi telah memberikan kontribusi besar dalam berbagai bidang pekerjaan dan
kegiatan sehari-hari manusia. Salah satu perusahaan milik negara Indonesia yang telah memanfaatkan
teknologi adalah PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk yang sudah menggunakan aplikasi helpdesk untuk
mendukung aktivitas karyawan mereka. Aplikasi ini dikenal dengan nama lengkap "Manage Engine Service
Desk Plus" (SDP). Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dan menganalisis tingkat kepuasan
pengguna terhadap aplikasi Manage Engine Service Desk Plus, dengan fokus pada aplikasi Manage Engine
Service Desk Plus (SDP) milik PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk. Penelitian ini dilakukan karena kepuasan
pengguna terhadap sistem informasi merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam penerapan atau
penggunaan suatu sistem informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah End User
Computing Satisfaction (EUCS), yang terdiri dari lima variabel utama, yaitu content (isi), accurary
(keakuratan), format (tampilan), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu).
Data diperoleh dari 75 responden melalui pengisian kuesioner. Hasil analisis penelitian menunjukkan
bahwa pengguna aplikasi Manage Engine Service Desk Plus merasa sangat puas. Nilai kepuasan pengguna
pada masing-masing variabel adalah sebagai berikut: konten sebesar 88,06%, akurasi sebesar 89,06%,
format sebesar 88,48%, kemudahan penggunaan sebesar 89,6%, dan ketepatan waktu sebesar 89,42%.
Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, End user Computing Satisfaction, Aplikasi Manage Engine Service
Desk Plus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.