Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha (Studi kasus pada Yamaha Mataram Sakti cabang Setiabudi Kota Semarang)
Abstract
Transportasi menjadi bagian utama di dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia, yang memberikan
kemudahan akses ke berbagai tujuan. Kualitas layanan transportasi umum yang dianggap kurang
memuaskan mendorong penduduk Indonesia untuk memilih dan menggunakan kendaraan pribadi daripada
mengandalkan transporatasi umum. Karena situasi ekonomi yang cenderung tidak stabil, mayoritas orang
cenderung memilih sepeda motor karena harganya lebih ekonomis daripada mobil. Tindakan konsumen
saat membeli sebuah produk dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk budaya, sosial, pribadi, dan
psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi
mempengaruhi keputusan pemebelian sepeda motor merek Yamaha pada Yamaha Mataram Sakti cabang
setiabudi kota semarang. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kombinasi (mixed method) model
urutan penemuan kuantitatif dan kualitatif (Sequential Explanatory). Objek yang digunkan dalam penelitian
ini adalah pelanggan Yamaha Mataram Sakti Cabang Setiabudi Kota Semarang tahun 2023 yang berjumlah
1112 unit dengan banyaknya sampel sejumlah 100 responden dengan kuesioner dan wawancara sebagai
alat untuk mengumpulkan data. Hasil uji t menunjukan bahwasannya variable budaya dan variable
psikologi berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variable sosial dan variable pribadi berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjtnya melalui uji f diketahui bahwasannya
variable budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama
terhadap keputusan pemebelian. R square sebesar 62,6% menunjukan bahwa sebesar 62,6% variabel
keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh keempat variabel independent yang digunakan dalam persamaan
regresi. Sedangkan yang lainnya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel selain yang ada dalam penelitian
ini.Data kuantitatif tersebut diperkuat oleh hasil wawancara dengan beberapa responden yang
mengungkapkan bahwa budaya, sosial, pribadi, psikologi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap
keputusan pemebelian. Dengan demikian data kualitatif memperkuat data kuantitatif dan memperluasnya
dengan menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan pemebelian sepeda motor merek
Yamaha pada Yamaha mataram sakti cabang setiabudi.
Kata Kunci : Budaya, Sosial, Pribadi, Paikologi, dan Keputusan Pembelian
kemudahan akses ke berbagai tujuan. Kualitas layanan transportasi umum yang dianggap kurang
memuaskan mendorong penduduk Indonesia untuk memilih dan menggunakan kendaraan pribadi daripada
mengandalkan transporatasi umum. Karena situasi ekonomi yang cenderung tidak stabil, mayoritas orang
cenderung memilih sepeda motor karena harganya lebih ekonomis daripada mobil. Tindakan konsumen
saat membeli sebuah produk dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk budaya, sosial, pribadi, dan
psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi
mempengaruhi keputusan pemebelian sepeda motor merek Yamaha pada Yamaha Mataram Sakti cabang
setiabudi kota semarang. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kombinasi (mixed method) model
urutan penemuan kuantitatif dan kualitatif (Sequential Explanatory). Objek yang digunkan dalam penelitian
ini adalah pelanggan Yamaha Mataram Sakti Cabang Setiabudi Kota Semarang tahun 2023 yang berjumlah
1112 unit dengan banyaknya sampel sejumlah 100 responden dengan kuesioner dan wawancara sebagai
alat untuk mengumpulkan data. Hasil uji t menunjukan bahwasannya variable budaya dan variable
psikologi berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variable sosial dan variable pribadi berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjtnya melalui uji f diketahui bahwasannya
variable budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama
terhadap keputusan pemebelian. R square sebesar 62,6% menunjukan bahwa sebesar 62,6% variabel
keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh keempat variabel independent yang digunakan dalam persamaan
regresi. Sedangkan yang lainnya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel selain yang ada dalam penelitian
ini.Data kuantitatif tersebut diperkuat oleh hasil wawancara dengan beberapa responden yang
mengungkapkan bahwa budaya, sosial, pribadi, psikologi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap
keputusan pemebelian. Dengan demikian data kualitatif memperkuat data kuantitatif dan memperluasnya
dengan menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan pemebelian sepeda motor merek
Yamaha pada Yamaha mataram sakti cabang setiabudi.
Kata Kunci : Budaya, Sosial, Pribadi, Paikologi, dan Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.