Rancang Bangun Taman Bermain Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Prasekolah

Lutfiana Devi Safira, Kania Kinasih

Abstract


Perkembangan keterampilan motorik pada anak umur prasekolah sangat penting guna mendukung
perkembangan fisik, kognitif, dan sosial mereka. Namun, jarang terdapat taman bermain mempunyai
elemen yang dirancang secara spesifik untuk perkembangan anak secara gratis. Inovasi rancang bangun
taman bermain interaktif bermaksud untuk mengatasi hal tersebut dengan menyediakan unsur atau elemen
seperti struktur panjat, balok keseimbangan, jalur sensorik, serta unsur alami seperti batu atau kerikil, daun,
bunga, pasir dan air. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menyusuri studi data di internet
tentang desain lanskap taman interaktif atau taman edukatif dan manfaatnya kepada anak prasekolah. Data
yang dikumpulkan dari pecah studi kasus taman yang telah diimplementasikan. Selain itu, elemen alami di
taman bermain mengintensifkan keterlibatan anak-anak dalam eksplorasi serta pengembangan rasa ingin
tahu. Kesimpulannya, rancang bangun taman bermain interaktif dapat berperan sebagai alat yang efektif
dalam mendukung perkembangan motorik anak prasekolah dan memberikan ruang belajar gratis yang
menyenangkan serta praktis kepada pertumbuhan holistik mereka.
Kata Kunci: taman bermain interaktif, keterampilan motorik, prasekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.