Pengabdian Masyarakat Pengembangan Produk UMKM Olahan Ikan Bandeng

- Sugito, Alan Prahutama, - Tarno

Abstract


Salah satu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui perguruan tinggi adalah dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian masyarakat sangat didukung oleh Kemenristek Dikti melalui salah satu program pengabdian masyarakat. Kemenristek Dikti melalui Universitas Diponegoro dalam program pengembangan produk ekspor (PPPE) telah melakukan usaha peningkatan UMKM Olahan ikan bandeng di kabupaten Pati, Jawa Tengah. Program dibagi menjadi beberapa bagian antara lain pelatihan, peningkatan kualitas dan kapasitas produksi, serta pemasaran. UMKM yang menjadi mitra dalam program ini adalah UMKM Primadona (UMKM 1) dan UMKM Kembar Sumber Rejeki (UMKM 2). Dengan adanya program pengadian ini mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas dari kedua UMKM tersebut.Program untuk pelatihan adalah pelatihan sertifikasi MD oleh BPPOM. Sedangkan untuk peningkatan produksi program yang dilakukan adalah dengan pemberian alat berupa continuous sealer, induction sealing, oven produksi serta kompor.Untuk meningkatkan kualitas produk, telah dilakukan pengurusan sertfikasi PIRT serta Halal untuk kedua UMKM tersebut. Sedangkan untuk aspek pemasaran antara lain pembuatan packaging, pembuatan web, publikasi melalui surat kabar serta publikasi melalui televisi.

Keywords


UMKM; Olahan Ikan Bandeng; Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Widiarti, 2010, Warta Pasar Ikan, Edisi Januari 2010, Vol. 77, Direktorat Pemasaran Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Jakarta.

Hafiludin, 2015, Analisis Kandungan Gizi pada ikan bandeng yang berasal dari habitat yang berbeda, Jurnal Kelautan, Vol 8, No.1 April, hal: 37-43.

T.W. Agustini dan F. Swastawati, 2003, Pemanfaat hasil perikanan sebagai produk bernilai tambah (value added) dalam upaya penganekaragaman pangan, Jurnal teknologi dan Industri Pangan Vol. 15, No.1, hal: 74-81.

P. Kottler, 2008, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2, Jakarta: Indeks.

Darmawangsyah, Jamaluddin, dan Kadirman, 2016, Fortifikasi Tepung Tulang ikan bandeng dalam Pembuatan Kue kering, Jurnal pendidikan teknologi pertanian, Vol. 2, hal:149-156.

Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan, 2004, Ikan bandeng dan produk diversifikasinya, departemen Kelautan dan perikanan, jakarta.

R.A Aninda, N K Siti, R. Nikmatun, 2010, Program Kreativitas Mahasiswa Pemanfaatan Lombah tulang Ikan Bandeng sebagai bakso berkalsium tinggi, Universitas Negeri Malang, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.