Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Berbasis Online sebagai Sarana Sosialisasi Produk Unggulan Masyarakat di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar

Arif Sutikno, Yudhistiro Pandhu Widhoyoko

Abstract


Lahirnya teknologi komputer dan internet telah menghadirkan alternatif dalam penggunaan media komunikasi di berbagai sektor, misalnya promosi dan sosialisasi. ICT (Information and Communication Technology) merupakan keberlanjutan dari IT (Information Technology). Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan dalam rangka memberikan pelayanan informasi, sebab ICT pada dasarnya berbentuk berupa penyusunan database. Tujuan penelitian ini adalah mempercepat informasi yang akurat dan tepat kepada
masyarakat dengan memanfaatkan koneksi internet berbasis WEB sebagai sarana sosialisasi produk unggulan secara online dan mobile, sesuai dengan alamat situs yang dirancang sehingga meningkatkan ekonomi dan sosial. Promosi dan sosialisasi produk harus menggunakan media yang berjangkauan luas, sehingga sasaran konsumen akan lebih banyak. Sistem Informasi Managemen berbasis IT mampu mengakses secara online sehingga dapat dilakukan dimanapun asalkan terhubung dengan internet dan memberikan keamanan data dari resiko hilangnya dokumen, rusaknya dokumen, maupun ancaman rusaknya informasi/data. Penggunaan aplikasi informasi modern ini ditujukan untuk memberikan kemudahan, efektifitas dan efisiensi dalam promosi dan sosilisasi hasil produk mitra Kelompok Suryono-Farm. Simpulan pada penelitian ini adalah penggunaan Sistem Informasi IT melalui Website mampu menjadi Media Informasi pemasaran hasil produksi lele di Suryono Farm,
sehingga masyarakat akan lebih mudah dan cepat mengetahui informasi dan perubahan harga sewaktu-waktu. Mekanisme penggunakan Sistem Informasi berbasis Website di Suryono Farm sebagai Media Informasi pemasaran hasil produksi lele, tidak lagi terbatas pada jam kerja dan memudahkan kontrol serta perubahan manajemen data.

Kata kunci: SIM, promosi, informasi

Abstract

The existence of computer and internet technology has presented alternatives in the use of communication media in various sectors, such as promotion and socialization. ICT (Information and Communication Technology) is a continuation of IT (Information Technology). Information and communication technology can
be used in the framework of providing information services, because ICT is basically in the form of compiling databases. The purpose of this study is to accelerate accurate and precise information to the public by utilizing WEB-based internet connections as a means of socializing superior products online and mobile, in accordance with site addresses designed to improve economic and social sector. Product promotion and socialization must use a wide range of media, so that the target of consumers will be more. The IT-based Management Information System is able to be accessed online so that it can be done anywhere as long as it is connected to the internet and provides data security from the risk of loss of documents, damage to documents, and the threat of
information.Providing convenience, effectiveness and efficiency in the promotion and socialization of the products of the partners of the Suryono-Farm Group are the purpose of the use of this modern information. Conclusion in this study is that the use of IT Information Systems through the Website is able to be a marketing information media for catfish production at Suryono Farm, so that people will be easier and faster to find out information and price changes at any time. The mechanism for using Website-based Information Systems at
Suryono Farm as Media Marketing information on catfish production, is no longer limited to working hours and facilitates control and changes in data management.


Keywords


SIM; promotion; information

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.