Pengembangan Adaptive Learning Berbasis Multimedia 3D Materi Sistem Bilangan Real
Abstract
Perkembangan teknologi bagaikan pisau bermata dua. Perkembangan teknologi di satu sisi dapat digunakan untuk keperluan positif, namun disisi lain dapat berdampak negatif. Perkembangan teknologi yang bersifat positif ini dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam memaksimalkan media pembelajaran adalah multimedia 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan adaptive learning berbasis multimedia 3D pada pembelajaran kalkulus dengan pendekatan four-D model yang dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah penyederhanaan model dari empat tahap menjadi tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Berdasarkan proses dan
hasil penelitian pengembangan dapat diketahui bahwa proses produksi bahan ajar dilakukan dalam rangka mengembangkan bahan ajar matematika untuk mahasiswa semester 1 materi sistem bilangan real menggunakan software unity. Bahan ajar berbasis multimedia 3D, desainnya merujuk pada permasalahan serta kendala yang diperoleh dari hasil pendefinisian. Deskripsi hasil validasi pada tahap pengembangan, menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli media dalam kategori valid dan validasi ahli isi/materi dalam kategori valid.
Keywords: adaptive learning, kalkulus, multimedia 3D
hasil penelitian pengembangan dapat diketahui bahwa proses produksi bahan ajar dilakukan dalam rangka mengembangkan bahan ajar matematika untuk mahasiswa semester 1 materi sistem bilangan real menggunakan software unity. Bahan ajar berbasis multimedia 3D, desainnya merujuk pada permasalahan serta kendala yang diperoleh dari hasil pendefinisian. Deskripsi hasil validasi pada tahap pengembangan, menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli media dalam kategori valid dan validasi ahli isi/materi dalam kategori valid.
Keywords: adaptive learning, kalkulus, multimedia 3D
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.