Pendampingan Strategi Pengembangan Usaha pada UKM Batik Kontemporer di Semarang

Budi Warsito, Endang Purbowati, Di Asih I Maruddani, Sri Sumiyati

Abstract



Batik merupakan salah satu warisan umat manusia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia.Jawa Tengah sebagai
salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki nilai budaya tinggi juga perlu untuk melestarikan dan
mengembangkan industri batik. Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah menjadi salah satu urat nadi bagi
pertumbuhan industri batik. Diantara usaha batik yang berkembang di Semarang adalah UKM Mutiara Hasta
dan UKM Katun Ungu yang dijadikan mitra pada program pengabdian ini. UKM Mutiara Hasta lebih
menitikberatkan pada penyelenggara kursus dan pelatihan batik sedangkan UKM Katun Ungu yang
beranggotakan para penderita Tuna Rungu khusus memproduksi batik. Kedua UKM lebih menonjolkan pada
batik kontemporer.Program ini bertujuan untuk memacu peningkatan produk UKM melalui peningkatan kualitas
pelayanan dan pemasaran, mempercepat difusi teknologi dan manajemen UKM, serta mengembangkan
proseslink and match antara perguruan tinggi dengan UKM.Fokus utama dari program ini adalah perbaikan
sistem manajemen dan akuntansi, pengembangan SDM, packaging dan promosi. Kegiatan dilakukan melalui
pendampingan dan pelatihan. Setelah kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan UKM mitra telah
mempunyai kemampuan melakukan pengelolaan administrasi keuangan dan pembukuan secara sederhana serta
peningkatan sumber daya manusia untuk melakukan training bagi anggota baru. UKM mitra juga telah
melakukan packaging sederhana untuk mengemas produk yang dihasilkan serta mempunyai leaflet dan buku
katalog yang memuat company profile untuk keperluan promosi dan memudahkan pelanggan dalam memilih
produk.


Keywords


: UKM, batik kontemporer,pendampingan, Semarang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.