Competitive Team Based Learning Untuk Praktik Listening pada Pengajaran Daring TOEP Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Vevy Liansari

Abstract


Dalam menempuh dan mmemperoleh skor Test of English Proficiency (TOEP) telah menjadi kewajiban bagi seluruh mahasiswa di tiap universitas di Indonesia. Tak terkecuali dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, mereka wajib menempuh ujian TOEP pada akhir masa studi sebagai syarat untuk menempuh ujian proposal skripsi,
melakukan penelitian, dan wisuda dengan minimal skor 400. Untuk memperoleh nilai TOEP yang maksimal, mahasiswa juga diwajibkan menempuh mata kuliah TOEP Preparation (Persiapan TOEP) selama satu semester sebanyak 2 sks. Teknik-teknik umum yang digunakan dosen di kelas pada mata kuliah TOEP Preparation adalah berupa skill-drilling method dimana mahasiswa membahas materi pada tiap skill yang akan diujikan dalam TOEP dan memecahkan soal-soal latihan bersama-sama dengan dosen. Fokus penelitian ini adalah menerapkan pendekatan
baru (Competitive Team Based Learning) dalam pengajaran TOEP Preparation yang dibatasi pada bagian praktik Listening (Listening Section). Pada observasi awal dilihat terdapat banyaknya skill pembahasan pada bagian tersebut dan dengan waktu pertemuan yang sangat terbatas. Hal ini mengakibatkan tidak maksimalnya latihan pemecahan soal bagi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di mata kuliah TOEP Preaparation khususnya pada Listening Section.
Sebanyak 27 orang mahasiswa semester enam pada Progam Studi Ilmu Administrasi Publik di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menjadi subyek penelitian. Penelitian ini   menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Sedangkan data penelitian diperoleh menggunakan beberapa instrument, yaitu Lembar Pengamatan Kegiatan Mahasiswa di kelas, Lembar Kerja Mahasiswa, dan angket repons mahasiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.