Analisis Bahasa Guru yang digunakan oleh Mahasiswa Magang dalam Interaksi Kelas di SMA Negeri 9 Semarang

Devita Herviani, Siti Aimah, Testiana Deni Wijayatiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe bahasa yang digunakan oleh mahasiswa magang dalam interaksi kelas berdasarkan teori FIACS (1970) Flanders Interaction Analysis Categories System.Subjek dari penelitian ini adalah tiga mahasiswa magang di SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif yang dinamakan analisis interaksi dan fokus pada tipe bahasa yang digunakan mahasiswa magang dalam interaksi kelas untuk dianalisis. Merekam video dalam proses pembelajaran di dalam kelas menggunakan teori FIACS (1970)
Flanders Interaction Analysis Category System sebagai instrumen untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe bahasa yang digunakan mahasiswa magang yaitu accepting feeling (5% – 7%), asking
questions (40% – 50%), giving direction (8% – 19%), lecturing (11% – 30%), criticizing or justifying authority (2% – 4%), accepting or using ideas of students (1% – 4%), and praising or encouragement (3% – 13%). Berdasarkan hasil penelitian tipe yang dominan yang digunakan oleh tiga mahasiswa magang yang terjadi dalam interaksi kelas adalah asking question dengan persentase lebih dari 40%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa asking question memberikan dampak positif untuk keaktifan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Tipe Bahasa Guru, FIACS, Mahasiswa Magang, Interaksi Kelas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.