Pengembangan Aplikasi Self Confidence Test Berbasis Web Sebagai Alat Ukur Kepercayaan Diri Pada Pembelajaran Matematika

Gita Nursanti, Martyana Prihaswati, Iswahyudi Joko Suprayitno

Abstract


Revolusi industri 4.0 menuntut pendidikan untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat mengaplikasikannya dalam segala hal, salah satunya dengan pembelajaran matematika. Berdasarkan evaluasi pembelajaran matematika disimpulkan bahwa pendidik memerlukan suatu aplikasi media untuk memudahkan pendidik dalam melaksanakan penilaian afektif. Hal ini dikarenakan pendidik masih kesulitan menilai sikap siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah percaya diri. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi untuk mengukur kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika dalam bentuk tes yaitu aplikasi Self Confidence Test (SCT) berbasis web. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui validitas dan kepraktisan aplikasi SCT berbasis web. Model pengembangan yang digunakan adalah waterfall yang telah dimodifikasi hanya pada tahap praktikum. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Subjek uji coba aplikasi SCT adalah 22 siswa SMP, 36 siswa SMA, dan 47 siswa. Hasil pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor yang diperoleh dalam kriteria valid dan praktis. Dengan demikian, aplikasi SCT terbukti valid dan praktis digunakan. Penyempurnaan aplikasi SCT juga diperlukan, salah satunya perlunya penelitian lebih lanjut terkait dampak penggunaan aplikasi SCT.
Kata Kunci : Percaya Diri, Pengembangan Aplikasi, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.