REFLEKSI PESERTA DIDIK GUNA MENGETAHUI TOLAK UKUR PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA VIA DARING DI SMA X KOTA SEMARANG
Abstract
Pada saat ini covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan
media daring (online). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kepemahaman peserta didik pada saat pembelajaran daring serta dapat meningkatkan metode pembelajaran guru dengan baik. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif dengan cara menyebarkan kuisioner secara online sebanyak 30 responden. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik selama setengah semester memiliki rata-rata nilai sebanyak 73,48% untuk penilaian harian bersama (PHB) dan nilai rata-rata penugasan sebanyak 78%. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat digolongkan dalam dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2012). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada penelitian ini yaitu faktor internal yang mendapatkan hasil rata-rata sebanyak 50%.
Keywords: Refleksi, Hasil Belajar, Faktor
media daring (online). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kepemahaman peserta didik pada saat pembelajaran daring serta dapat meningkatkan metode pembelajaran guru dengan baik. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif dengan cara menyebarkan kuisioner secara online sebanyak 30 responden. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik selama setengah semester memiliki rata-rata nilai sebanyak 73,48% untuk penilaian harian bersama (PHB) dan nilai rata-rata penugasan sebanyak 78%. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat digolongkan dalam dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2012). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada penelitian ini yaitu faktor internal yang mendapatkan hasil rata-rata sebanyak 50%.
Keywords: Refleksi, Hasil Belajar, Faktor
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.