Hubungan Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris di Kelas XIIBB MAN 1 Kota Semarang

Dwi Jiyan Sukmawati, Riana Eka Budiastuti

Abstract


Hasil observasi awal di kelas XI-IBB MAN 1 Kota Semarang menunjukan rendahnya prestasi hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris yang diperoleh kelas XI-IBB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring terhadap prestasi belajar yang telah dicapai selama peneliti melakukan magang kependidikan III. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI-IBB MAN 1 Kota Semarang yang berjumlah 33 siswa. Variabel yang diteliti adalah motivasi belajar dan kedisiplinan belajar sebagai variable bebas, dan prestasi belajar sebagai variable terikatnya. Metode pengambilan data dari penelitian ini menggunakan angket, hasil observasi, wawancara dan dokumentasi hasil belajar siswa.
Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat keterkaitan dan pengaruh antara motivasi belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi hasil belajar siswa.  
Kata Kunci : Motivasi belajar, kedisiplinan belajar, dan prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.