Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Sales Growth, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Hotel, Restoran, dan Pariwisata di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019)

Wahyu Sabana Zaki, Fatmasari Sukesti, - Alwiyah, Andwiani Sinarasri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti secara empiris pengaruh likuiditas, profitabilitas, leverage, sales growth, dan kepemilikan institusional terhadap financial distress pada perusahaan sub sektor hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. Adapun teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan dengan periode pengamatan selama 6 periode dengan total sampel sebanyak 96 perusahaan. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS IBM versi 25. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F, dan koefesien determinasi (R). Berdasarkan hasil pengujian yang
telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif dan signisikan terhadap financial distress, profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap financial distress, leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress, sales growth berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhap financial distress, serta kepemilikan institusional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap financial distress.

Kata Kunci : Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Sales Growth, Kepemilikan Institusional, Financial Distress

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.