Pengembangan Media Edukasi Vulva Hygine Berbasis M-Learning Pada Remaja Putri Di Desa Bugel Kabupaten Jepara

Rachmah Laila Zein, Trixie Salawati, Nurina Dyah Larasaty

Abstract


Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 tentang kesehatan reproduksi remaja menunjukkan
tingkat pengetahuan yang rendah pada remaja perempuan Indonesia berusia 15-19 tahun dengan presentase
73% dan pada tahun 2017 hanya mengalami peningkatan 5%  menjadi 78%. Penelitian pada remaja putri
Pantura di Desa Bugel dan Bulakbaru Kabupaten Jepara mengungkapkan salah satu penyebab kurangnya
pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yaitu kurangnya akses media informasi kepada remaja, karena
di daerah tersebut orang tua masih menganggap tabu mengenai edukasi terkait kesehatan reproduksi untuk
anak-anak mereka. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan media KIE berbasis M-Learning pada
smartphone yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang kesehatan reproduksi terkait vulva
hygine. Penelitian ini menggunakan mix method. Metode kualitatif digunakan pada tahap analisis dan tahap
ujicoba, sedangkan metode kuantitatif digunakan pada uji coba expert. Hasil analisis kebutuhan pada
remaja menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan remaja putri terkait kesehatan reproduksi khusunya
vulva hygine. Hasil uji coba media M-learning menunjukkan antusiasme respon remaja putri terhadap
rancangan apilaksi ini, remaja menyatakan rancangan aplikasi ini menjadi  solusi remaja putri dalam
menambah wawasan mereka dan sesuai dengan ketertarikan masa kini. Hasil uji ahli materi menunjukkan
media berbasis M-Learning sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang vulva hygine masuk
dalam kategori “valid/baik” yaitu dapat digunakan namun perlu sedikit revisi (61%-80%). dan hasil uji ahli
media dalam kategori “sangat valid/sangat baik” yaitu dapat digunakan tanpa revisi (81%-100%).
Pengembangan media berbasis  M-Learning dapat digunakan untuk edukasi vulva hygine pada remaja putri.  
Kata kunci : remaja putri, vulva hygine, M-Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.