Pemodelan Dental Implant Menggunakan Mesin 3D Printer (Fused Deposition Modeling) Dengan Filament PLA

Ma’ruf Rozaqi, Hardhika Wahyu S, Dzulkifli Rasyid, Wahyu Pambudi, Dini Cahyandari

Abstract


Revolusi digital pertama terjadi beberapa tahun yang lalu sekarang dengan produksi restorasi gigi seperti veneer, inlay, mahkota dan jembatan menggunakan sistem CAD-CAM gigi dan sistem baru yang lebih baik muncul di pasaran dengan begitu cepat. Pengurangan biaya produksi akan memastikan bahwa perkembangan ini akan terus berlanjut.
Pembuatan model implan dari data ct scan ke bentuk 3 dimensi Tindakan ini merupakan bagian dari perencanaan sebelum operasi (preoperative planning). Teknologi ini digunakan untuk membuat model 3D dari gambar dan memungkinkan pengguna untuk menguji desain sebelum masuk ke dalam program manufaktur. Penggunaan pencetakan 3D memungkinkan pembuatan model gigi dengan struktur dan model yang realistis dengan menggunakan Gambar CT scan, Faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu implan diantaranya adalah desain implant, Pembuatan sebuah model dengan menggunakan sebuah mesin printer 3D di awali dengan membuat sebuah desainnya terlebih dahulu dengan menggunakan software 3D slicer untuk merubah file dicom ke stl (StereoLithography).
Kemudian hasil desain dari software 3D slicer file stl diperbaiki baik secara permukaan, penambalan lobang dan pemotongan di software autodesk meshmixer, kemudian file 3D di convert ke file g-code di software cura untuk dilanjutkan ke proses printing.
Kata Kunci : 3d print, ct scan. Dental Implant model

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.