Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Generasi Z

Ani Muttaqiyathun, Ema Nurmaya

Abstract


Generasi Z adalah generasi yang dilahirkan setelah generasi millenial atau sering disebut juga
sebagai generasi Y. Banyak peneliti masih memperdebatkan mengenai persisnya tahun kelahiran
mereka, namun sebagian besar memperkirakan generasi ini lahir dalam kurun waktu 20-25 tahun
terakhir. Generasi Z ini sekarang sudah menginjak dewasa, bahkan sudah mulai banyak yang
mewarnai dunia kerja terutama dalam bidang bisnis. Para pakar meyakini mereka akan menjadi
pemutar roda perekonomian dunia dalam waktu dekat ini. Ketertarikan untuk menekuni dunia bisnis
yang tinggi pada generasi Z inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha bagi generasi Z.
Obyek penelitian difokuskan pada mahasiswa yang tercatat aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta
dan telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Sampel ditentukan sebanyak minimal 15% dari
populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner melalui googleform. Selanjutnya
analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Temuan dari
penelitian ini bahwa faktor kepribadian, Spiritual Quotient, efikasi diri dan kebutuhan akan prestasi
berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada generasi Z. Sedangkan faktor Adversity
Quotient dan Emotional Quotient dinyatakan tidak berpengaruh pada minat wirausaha generasi Z.  
Kata Kunci: minat berwirausaha, generasi Z

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.