Bauran Pemasaran dan Perilaku Konsumen Kopi Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pengetahuan tentang perubahan perilaku konsumen harus dipahami oleh produsen karena sangat
terkait dengan keputusan pembelian terhadap produk/jasa yang ditawarkannya. Konsumen dalam
pengambilan keputusan dipengaruhi oleh banyak variabel. Selain itu juga dipengaruhi oleh kondisi
perekonomian setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel bauran pemasaran
yaitu price, product, place, promotion, process, people, and physical evidence (7P) dan perilaku konsumen
pada masa pandemi covid-19 di kota Cirebon. Lokasi penelitian ditetapkan secara sengaja yaitu di
tiga coffee shop di kota Cirebon. Desain Penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan
pendekatan survei. Responden konsumen kopi sebanyak 125 orang dan teknik pengambilan sampel
dilakukan accidental sampling (secara kebetulan). Skala yang digunakan untuk pengukuran data
adalah skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel price terjangkau, product sangat
berkualitas, place sangat strategis, promotion sangat promotif, process sangat cepat, people ramah,
physical evidence menarik, dan perilaku konsumen sangat antusias dalam membeli. Hasil penelitian
ini memberikan rekomendasi kepada pelaku usaha coffee shop agar memperhatikan variabel-variabel
yang dikehendaki konsumen tersebut jika ingin usahanya tetap beroperasi pada masa pandemi covid19.
Kata
Kunci
:
bauran
pemasaran,
cirebon,
coffee
shop,
pandemi
covid-19,
konsumen
terkait dengan keputusan pembelian terhadap produk/jasa yang ditawarkannya. Konsumen dalam
pengambilan keputusan dipengaruhi oleh banyak variabel. Selain itu juga dipengaruhi oleh kondisi
perekonomian setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel bauran pemasaran
yaitu price, product, place, promotion, process, people, and physical evidence (7P) dan perilaku konsumen
pada masa pandemi covid-19 di kota Cirebon. Lokasi penelitian ditetapkan secara sengaja yaitu di
tiga coffee shop di kota Cirebon. Desain Penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan
pendekatan survei. Responden konsumen kopi sebanyak 125 orang dan teknik pengambilan sampel
dilakukan accidental sampling (secara kebetulan). Skala yang digunakan untuk pengukuran data
adalah skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel price terjangkau, product sangat
berkualitas, place sangat strategis, promotion sangat promotif, process sangat cepat, people ramah,
physical evidence menarik, dan perilaku konsumen sangat antusias dalam membeli. Hasil penelitian
ini memberikan rekomendasi kepada pelaku usaha coffee shop agar memperhatikan variabel-variabel
yang dikehendaki konsumen tersebut jika ingin usahanya tetap beroperasi pada masa pandemi covid19.
Kata
Kunci
:
bauran
pemasaran,
cirebon,
coffee
shop,
pandemi
covid-19,
konsumen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.