Hubungan Self-Regulation Learning dalam Pembelajaran Online dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sriwijaya
Abstract
Kondisi pandemi Covid-19 menuntut perubahan proses belajar mengajar dari belajar tatap muka di
sekolah menjadi belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Berkaitan dengan hal tersebut, selfregulation
of
learning
memegang
peranan
penting
dalam
pembelajaran
peserta
didik
karena
membentuk
mereka
untuk
bagaimana
berinteraksi,
merespon,
dan
bereaksi
selama
proses
pembelajaran.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara self-regulation of learning
mahasiswa dalam pembelajaran online dengan prestasi belajar. Populasi yang juga menjadi sampel
penelitian ini adalah 175 mahasiswa semester 3, 5, dan 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner Self-Regulation (SR) dalam tiga jenis interaksi online dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
Data dianalisis menggunakan Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang
sangat lemah dan tidak signifikan antara kedua variabel (r= 0.104, p-value=0.169).
Kata Kunci : self-regulation of learning, tiga jenis interaksi (mahasiswa dan materi, mahasiswa dan dosen,
mahaiswa dan teman). Pembelajaran online, prestasi akademik.
sekolah menjadi belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Berkaitan dengan hal tersebut, selfregulation
of
learning
memegang
peranan
penting
dalam
pembelajaran
peserta
didik
karena
membentuk
mereka
untuk
bagaimana
berinteraksi,
merespon,
dan
bereaksi
selama
proses
pembelajaran.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara self-regulation of learning
mahasiswa dalam pembelajaran online dengan prestasi belajar. Populasi yang juga menjadi sampel
penelitian ini adalah 175 mahasiswa semester 3, 5, dan 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner Self-Regulation (SR) dalam tiga jenis interaksi online dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
Data dianalisis menggunakan Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang
sangat lemah dan tidak signifikan antara kedua variabel (r= 0.104, p-value=0.169).
Kata Kunci : self-regulation of learning, tiga jenis interaksi (mahasiswa dan materi, mahasiswa dan dosen,
mahaiswa dan teman). Pembelajaran online, prestasi akademik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.