Hubungan Self-Regulation Learning dalam Pembelajaran Online dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sriwijaya

Oktavia Ritonga, Machdalena Vianty, Zahra Alwi, Didi Suhendi, - Sofendi

Abstract


Kondisi pandemi Covid-19 menuntut perubahan proses belajar mengajar dari belajar tatap muka di
sekolah menjadi belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Berkaitan dengan hal tersebut, selfregulation
of
learning
memegang
peranan
penting
dalam
pembelajaran
peserta
didik
karena
membentuk

mereka
untuk
bagaimana
berinteraksi,
merespon,
dan
bereaksi
selama
proses
pembelajaran.
Penelitian
ini

bertujuan

untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara self-regulation of learning
mahasiswa dalam pembelajaran online dengan prestasi belajar. Populasi yang juga menjadi sampel
penelitian ini adalah 175 mahasiswa semester 3, 5, dan 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner Self-Regulation (SR) dalam tiga jenis interaksi online dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
Data dianalisis menggunakan Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang
sangat lemah dan tidak signifikan antara kedua variabel (r= 0.104, p-value=0.169).
Kata Kunci : self-regulation of learning, tiga jenis interaksi (mahasiswa dan materi, mahasiswa dan dosen,
mahaiswa dan teman). Pembelajaran online, prestasi akademik.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.