E-modul berbasis Refutation Text pada Materi Suhu dan Kalor

- Apriyani, Bambang Heru Iswanto, Lari Andreas Sanjaya

Abstract


Miskonsepsi atau konsepsi alternatif menjadi salah satu penyebab peserta didik tidak mencapai standar
ketuntasan belajar minimal. Miskonsepsi dapat diatasi dengan mengimplementasikan bahan bacaan
yang menimbulkan adanya perubahan konseptual. Refutation text efektif membantu peserta didik
melakukan perubahan konseptual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul
berbasis refutation text dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan
dengan menerapkan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model penelitian Dick and
Carey yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran
berupa e-modul berbasis refutation text yang dapat digunakan melalui laptop atau handphone, dan dapat
meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi suhu dan kalor. Diperlukan penelitian lebih lanjut
mengenai validasi e-modul berbasis refutation text ini.
Kata Kunci: e-modul, miskonsepsi, perubahan konseptual, refutation text, suhu dan kalor.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.