Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Pembelajaran Organisasi UKM Di Tangerang

Hendi Eka Sumarga, Dudung Hadiwijaya

Abstract



Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah terbukti tangguh, ketika terjadi krisis ekonomi 1998, hanya
sektor UKM yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih  besar justru tumbang oleh
krisis. Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai gerakan ekonomi, keberadaannya menjadi lokomotif
penggerak (engine of growth) bagi tumbuh kembangnya wirausahawan baru dan meningkatnya kinerja UKM.
Namun UKM masih menghadapi kendala dalam hal keahlian teknis, kompetensi, kewirausahaan dan
manajemen seada-nya. Selanjutnya masalah yang dihadapi adalah terbatasnya akses terhadap sumber-daya
produktif seperti bahan baku, permodalan, teknologi, sarana dan informasi pasar. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis pengaruh sikap kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap pembelajaran dalam
meningkatkan kinerja bisnis dari UKM itu sendiri. Model penelitian ini terdiri dari dua hipotesis dengan tiga
variabel yaitu sikap kewirausahaan, orientasi pasar dan pembelajaran organisasi. Data yang digunakan yaitu 81
UKM di Tangerang dilakukan menggunakan alat analisis Pemodelan Persamaan Struktural dalam program
Smart PLS. Hasil analisis data membuktikan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran organisasi dipengaruhi oleh dua faktor baik itu secara langsung maupun
tidak langsung, yaitu orientasi pasar dan sikap kewiransahaan.



Keywords


Sikap Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Pembelajaran Organisasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.