Tinjauan Motivasi Generasi Z Untuk Makan Di Luar Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19

Niken Savitri Anggraeni, Prabu Wardono, Mustika S. Purwanegara

Abstract


Makan di luar rumah telah menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Dengan kegiatan dan
mobilitas manusia yang semakin tinggi maka kegiatan makan di luar rumah memiliki beragam
motivasi, antara kebutuhan, kesenangan, dan hiburan. Makan di luar rumah juga melekat dengan
simbolisasi gaya hidup sebagai sarana aktualisasi diri. Namun dengan merebaknya pandemi Covid19,

kegiatan makan di luar rumah mengalami disrupsi. Kekhawatiran akan penularan virus di
tempat makan menyebabkan konsumen lebih waspada dan memilih untuk membeli makanan secara
daring. Pembelian belanja makanan secara daring mengalami peningkatan yang signifikan. Kondisi
pandemi yang tidak menentu menyebabkan motivasi konsumen untuk makan di luar rumah pun
berubah dengan lebih mempertimbangkan keamanan dalam bersantap makanan. Penelitian ini
berupaya mengungkap motivasi perilaku untuk makan di luar pada generasi Z pada masa pandemi
Covid-19. Adapun metode penelitian dilakukan secara deskriptif dengan bersumber pada data
literatur dan wawancara mendalam. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan sebuah gambaran
tentang motivasi perilaku makan Generasi Z di masa pandemi untuk pengembangan dan resiliensi
bisnis restoran di masa kenormalan baru.
Kata kunci : Perilaku konsumen, Gen Z, makan di luar rumah, motivasi, pandemi Covid-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.