Pengaruh Eksperimen dan Permainan Edukatif untuk Penguatan Literasi Sains Anak-anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Al-Fatih Palembang

Irsyadi Yani, Dewi Puspitasari, Ismail Thamrin, Zulkarnain Zulkarnain, Yulia Resti

Abstract


Literasi sains didefinisikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu
mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta
mengambil simpulan berdasarkan fakta, memahami karakteristik sains, membangun kesadaran
bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual dan budaya, serta
meningkatkan kemauan untuk terlibat dan peduli dalam isu-isu yang terkait sains. Kemampuan
literasi sains merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan sebuah negara dalam menjalani
kehidupan di era globalisasi, dan harus diimbangi dengan menumbuhkembangkan kompetensi yang
meliputi kemampuan berpikir kritis/memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.
Sayangnya kemampuan literasi sains anak-anak Indonesia masih sangat rendah. Kemampuan literasi
sains dapat ditingkatkan dengan bermacam cara diantaranya melalui eksperimen dan permainan
edukatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh eksperimen dan permainan
edukatif terhadap penguatan literasi sains anak-anak usia sekolah di panti asuhan Al-Fatih
Palembang. Adapun kegiatan yang diajarkan di antaranya adalah air pelangi, kapilaritas air kubis,
dan juga game labirin-matematika. Desain pre-tes dan post-tes diajukan sebagai metode penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan literasi
sains antara sebelum dan setelah mengenal eksperimen dan permainan edukatif. Eksperimen dan
permainan edukatif memiliki pengaruh signifikan terhadap penguatan literasi sains anak-anak Panti
Asuhan Al-Fatih Palembang.
Kata Kunci : literasi sains, eksperimen, permainan kreatif labirin-matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.